Senin, 09 Desember 2013






Khasiat telur

 TeragenAgen Teragen Online - Meski dikenal sebagai bahan pangan yang kaya nutrisi, telur sering dituding sebagai biang naiknya kadar kolesterol dalam darah. Makanya, konsumsi telur juga disebut-sebut tak baik bagi kesehatan jantung. Benarkah?

Detikfood telah merangkum berbagai mitos dan fakta terkait telur dari pelbagai sumber. Apakah putih telur lebih menyehatkan daripada kuning telur? Yuk cek kebenarannya!
Biasanya para binaragawan atau orang yang ingin memperbesar otot rajin mengonsumsi telur mentah, baik dimakan begitu saja maupun dicampurkan ke dalam minuman atau makanan. Padahal, risiko keracunan jadi lebih tinggi. Selain itu, tak ada bukti bahwa proses pemasakan mengurangi kandungan protein dalam telur.
Kotoran, tahi ayam, dan bulu ayam seringkali menempel di kulit telur. Kotoran ini bisa mengandung bakteri berbahaya seperti Salmonella. Untuk menghilangkannya, sebagian orang mencuci kulit telur. Padahal, kulit telur menjadi lebih berpori saat basah, membuat bakteri lebih mudah masuk ke telur. Sebaiknya, jangan cuci, dan singkirkan telur yang kotor
Rata-rata telur ayam berukuran besar mengandung 212 mg kolesterol, kira-kira setara dengan kolesterol dalam seporsi hati, udang, atau daging bebek. Bagaimanapun juga, hanya 25% kolesterol dalam darah yang berasal dari makanan. Sisanya diproduksi oleh hati. Tinggi rendahnya kadar kolesterol dalam darah lebih dipengaruhi oleh konsumsi lemak trans dan lemak jenuh daripada kolesterol dari makanan.
Kuning telur mengandung seluruh kolesterol dalam sebutir telur. Namun, kuning telur juga jauh lebih bernutrisi dibanding putih telur yang hampir tak memiliki kandungan gizi. Kandungan protein putih telur setengah kuning telur, sementara sodium dalam sebutir telur hampir semuanya terkandung dalam putih telur.
Menurut riset Australian Egg Corporation, tak ada perbedaan kandungan nutrisi antara telur-telur yang dihasilkan dengan sistem produksi berbeda. Perbedaan kandungan gizi dalam telur terjadi pada ayam-ayam betina yang diberi pakan khusus. Contohnya adalah telur yang diperkaya omega-3.
Admin

1 komentar: